Indonesia on November 24, 2021

Agenda for MUM in Indonesia, NOVEMBER 2021

updated on 2021-12-08 12:58:33 GMT+02:00


Nov 24, Wednesday

Time Presentation Files Video
09:00 Introduction by MikroTik - -
09:05 Introduction - Valens Riyadi (PT Citraweb Solusi Teknologi, Indonesia) - -
09:20 Manajemen MikroTik untuk RT/RW Net menggunakan WhatsApp Bot - Heru Setiawan (UNY, Indonesia) presentation file -
10:05 Penggunaan Radius Pada User Manajemen Hotspot Terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik - Kristian Juri Damai Lase (UKRIM, Indonesia) presentation file -
10:45 Implementasi TR069 pada MikroTik - Paul Darius (Sky Networks Solusindo, Indonesia) presentation file -
11:25 Router Architecture Evolution - Novan Chris (PT Citraweb Solusi Teknologi, Indonesia) presentation file -
12:00 Break - -
13:00 Combine Dedicated and Broadband ISP for Coworking and Hospitality - Firdhyan Adhie Lesmana (PowerNet Liberia, Liberia) presentation file -
13:40 How to manage a network infrastructure using Load Balance & bandwith management on school. - Ferdian Sakti Sudrajat Akbar (SMK Dwija Bhakti Jombang, Indonesia) presentation file -
14:20 Build your own ISP with MikroTik - Achmad Mardiansyah (GLC networks, Indonesia) presentation file -
15:00 Konfigurasi MikroTik pada Penerapan VMware ESXi untuk jaringan Kampus - Azriel Christian Nurcahyo, S.Kom.,M.Kom. (Institut Shanti Bhuana, Indonesia) presentation file -
15:45 L3 Hardware Offload - Pujo Dewobroto (PT Citraweb Solusi Teknologi, Indonesia) - -
16:30 Raffle and closing of the MUM - -

Speaker Profiles and Presentation Abstracts

Manajemen MikroTik untuk RT/RW Net menggunakan WhatsApp Bot

Saat ini penggunaan router mikrotik untuk usaha RT/RW Net meningkat pesat. Salah satu faktornya karena mikrotik mempunyai fitur relatif lengkap dengan harga yang affordable. Model usaha yang sering digunakan RT/RW Net adalah berjualan koneksi dengan berlangganan bulanan atau sistem voucher baik dengan kuota maupun masa aktif.

Di sisi lain availability jaringan RT/RW Net merupakan sesuatu yang penting. Kepuasan pelanggan sangat bergantung pada availability. Maka dari itu pemilik usaha RT/RW Net (re: admin) perlu memantau router secara berkala. Tools yang ada saat ini ada baik winbox desktop/mobile, webfix telah mampu untuk menangani hal tersebut.

Namun permasalahannya, winbox & webfix tidak cukup praktis dan overkill. Untuk pengecekan availability jaringan, admin cenderung menggunakan menu-menu yang sama sehingga tidak cocok jika disuguhkan semua menu.

Maka solusinya dengan menggunakan WhatsApp Bot. Dengan adanya WhatsApp Bot maka admin dapat memantau jaringan dengan cepat dan mudah. Cukup mengirimkan pesan menggunakan platform WhatsApp, maka bot akan menerjemahkan permintaan ke router dan kemudian mengirimkan jawaban. Bot berinteraksi dengan mikrotik dengan memanfaatkan fitur Mikrotik API.

Berikut daftar fitur WhatsApp Bot untuk manajemen MikroTik RT/RW Net :
1. Notifikasi otomatis jika mikrotik on/off
2. Notifikasi availability access point pelanggan
3. Cek status user PPPoE
4. Generate user PPPoE
5. Monitoring hotpost (jumlah user online, kuota user)
6. Generate user hotpost
7. Mengirimkan notifikasi jika ada log-log tertentu yang sudah ditandai
8. Mengirimkan tagihan (bulanan) ke nomor WhatsApp pelanggan

Penggunaan Radius Pada User Manajemen Hotspot Terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik

Pada presentasi ini saya akan menjelaskan teknis tentang radius, dimana selama ini banyak organisasi swasta ataupun pemerintah yang menggunakan 1 akun hostpot untuk 500 user. saya akan mempresentasikan bagaimana mengintegrasikan user hotspot dengan akun sistem informasi akademik di sekolah ataupun di kampus.

Implementasi TR069 pada MikroTik

Memperlihatkan penggunaan fitur TR069 pada MikroTik, seperti :
+ menampilkan status router pada satu halaman
+ upgrade RoS dan firmware
+ update konfigurasi pada RouterBoard, baik sebagian maupun seluruhnya
+ mengganti konfigurasi default pada RouterBoard
+ dan lain-lain sebagainya

Router Architecture Evolution

Discuss about CPU Architecture evolution that implemented on Routerboard.

Combine Dedicated and Broadband ISP for Coworking and Hospitality

This presentation will let you know how to optimize two ( or more ) internet source, which is one of them are dedicated internet line and the rests are broadband. in this covid pandemic situation, we needs is to make internet cost as less as possible, but still have a good reliability connection. We need to combine dedicated and broadband with various bandwidth combination, instead of fully dedicated.

How to manage a network infrastructure using Load Balance & bandwith management on school.

This presentasion will describe how to manage a network infrastructure using Load Balance with 4 ISP and bandwith management using queue tree and simple queue to make internet connection more efficient.

Build your own ISP with MikroTik

In this presentation, we will talk about our experience building Internet Service Providers (ISP) in several countries and what needs to be done if you want to create one. The topics will be presented in a top-down approach, starting from higher-level aspects and then progressing to technical details. We assume the audience already have some basic understanding of essential networking skills.

Konfigurasi MikroTik pada Penerapan VMware ESXi untuk jaringan Kampus

Pandemi saat ini pembelajaran tentu semuanya berjalan via online. Namun hal itu menjadi tantangan bagi kami yang berada di zona perbatasan Kalimantan Barat di mana ip publik saat ini jumlahnya terbatas, dan juga koneksi kebutuhan untuk hosting ke publik semakin hari semakin banyak hal ini terjadi di kampus kami yang membutuhkan alokasi seperti website kampus, server moodle kampus, server siakad, repository, sister dikti dan lain-lain.
Sebagai solusi kami menerapkan VMWare untuk menghemat biaya pengeluaran daripada harus membeli pc server yang jumlahnya puluhan.Tetapi dengan keterbatasan ip publik, kami dituntut untuk mengkonfigurasi jaringan agar dapat diterapkan proxy untuk terhubung publik hanya dengan 1 ip publik saja. Dalam hal ini mikrotik sangat membantu untuk mengalokasikan jaringan, dan membagi jalur" publik dan lokal. Disini akan kami jelaskan model yang tepat untuk alokasi darurat dengan ip terbatas pada mikrotik dan server.

L3 Hardware Offload

L3 Hardware Offload implementation on the Switch platform.